Senin, 30 April 2012

Fungsi Perangkat Keras Internet untuk Akses Internet




Perangkat keras internet ke-1 Modem (Modulator Demodulator)

Perangkat keras internet yang pertama ini memegang peranan penting agar peralatan elektronik yang anda miliki bisa terhubung dengan jaringan internet dunia. Sesuai dengan namanya Modem yang merupakan kependekan dari Modulator Demodulator ini berfungsi untuk mengubah sinyal-sinyal analog yang di pancarkan melalui kabel atau gelombang radio menjadi sebuah sinyal-sinyal digital yang bisa diolah dan dibaca oleh perangkat elektronik semacam komputer. Setelah sinyal-sinyal digital yang berupa deretan kode 0 dan 1 tersebut di olah baru bisa ditampilkan sebagai informasi oleh komputer kepada anda.

Perangkat keras internet berupa modem dari tahun ketahun mengalami perkembangan yang luar biasa sekali, hal ini terkait erat dengan teknologi telekomunikasi dan komunikasi data yang dari hari ke hari kian maju saja. Berbagai jenis modem yang bisa digunakan sebagai perangkat keras internet bisa anda temui saat ini. Berikut ini adalah beberapa jenis modem yang sering digunakan.

1. Modem analog
Modem analog merupakan perangkat keras internet yang mampu memberikan kecepatan transfer data sampai dengan 56 Kbps. Modem analog ini biasanya digunakan sebagai perangkat keras internet jika anda menggunakan jaringan kabel telepon untuk mengakses internet. Ada dua jenis modem analog yang bisa digunakan yaitu yang berjenis internal dan eksternal. Jika anda menggunakan modem analog internal, maka modem tersebut harus anda tancapakan pada slot PCI dikomputer anda.

2. Modem Digital (ADSL)
Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi penggunaan modem analog sebagai perangkat keras internet mulai banyak ditinggalkan, karena saat ini sudah berkembang teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) yang menawarkan kecepatan transfer data sampai dengan 5 Mbps. Perangkat keras berupa modem digital/ADSL ini biasanya digunakan jika anda berlangganan paket internet cepat dari Speedy.

3. Modem Mobile
Perangkat keras internet berupa modem mobile ini memiliki keunggulan sendiri jika dibandingkan dengan kedua jenis perangkat keras internet modem diatas. Modem mobile lebih unggul karena memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, yang artinya adalah modem mobile ini bisa anda bawa kemana saja karena memanfaatkan sinyal dari jaringan telepon seluler seperti CDMA dan GSM. Kecepatan data yang ditawarkan oleh modem mobile ini juga bervariasi tergantung dari kualitas sinyal yang anda dapatkan apakah GPRS, EDGE, atau 3G.


Perangkat keras internet ke-2 LAN Card (NIC)

Perangkat keras internet yang kedua dan masih sering digunakan adalah LAN (Local Area Network) Card atau NIC (Network Interface Card). LAN card berfungsi untuk menghubungkan komputer atau notebook yang anda miliki ke dalam jaringan komputer yang sudah memiliki akses internet melalui media transmisi kabel. Biasanya untuk menghubungkan LAN card dengan jaringan komuter yang sudah ada di butuhkan sebuah kabel dengan jack bernama RJ 45. Keuntungan dari menggunakan perangkat keras internet berupa LAN Card ini adalah anda tidak perlu memiliki jalur akses internet pribadi. Anda tinggal mencolokkan jack RJ 45 yang disediaka ke komputer atau laptop anda, maka secara otomatis anda akan bisa menikmati akses internet yang tersedia.

Perangkat keras internet LAN Card atau NIC ini juga memiliki kelemahan, kelemahan utamanya adalah bersifat statis dan terbatas. Artinya adalah anda harus menghampiri lokasi yang yang menyediakan jaringan komputer dan akses internet untuk dapat terhubung ke jaringan internet. Lokasi-lokasi tersebut biasanya adalah warung internet (warnet), dan instansi atau perkantoran yang di dalamnya mempunyai sebuah sistem jaringan komputer terpadu.


Perangkat keras internet ke-3 Wireless adapter (Wi-Fi)

Perangkat keras internet berupa wireless adapter atau biasa di sebut dengan Wi-Fi penggunaannya saat ini sedang ngetrend di kalangan para netter. Kepraktisan pemakaiannya dan semakin banyaknya penyedia hotspot gratis menjadi penyebabnya. Biasanya peralatan elektronik dan gadget terbaru di dalamnya sudah tertanam dan terpasang perangkat Wi-Fi ini, hal ini mengakibatkan jaringan komputer dan akses internet dengan menggunakan kabel mulai ditinggalkan. Perangkat keras internet berupa Wi-Fi ini bisa anda gunakan jika di sekitar anda ada fasilitas hotspot yang dipancarkan melalui peralatan access point yang terkoneksi dengan internet. Biasanya di lingkungan kantor, sekolah, kampus sampai dengan kafe-kafe yang biasa di buat tempat nongkrong tersedia fasilitas hotspot gratis ini.

Jika komputer atau laptop anda belum memiliki perangkat keras internet berupa wi-fi ini anda bisa menambahkannya dengan mudah, ada dua pilihan perangkat keras internet wi-fi yang bsa anda gunakan, yaitu internal dan eksternal jika anda memilih perangkat keras internet wi-fi yang internal anda harus memasang perangkat keras ini ke dalam slot PCI di komputer anda. Namun untuk perangkat keras internet wi-fi yang eksternal bisa langsung anda tancapkan pada port USB yang tersedia pada komputer dan laptop anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar